"Selamat menunaikan ibadah Puasa, & sebelum memulai cerita, aku perkenalkan diri dahulu. Lee Yu Xia (21) adalah seorang pengusaha Batu Bata yang sangat sombong! Bagaimana tidak, aku sangat sukses dengan hidup aku, tapi sebelum adanya Mantan. Dan dari nama aku saja kalian pasti sudah tahu kalau aku adalah Keturunan Turki. Ia, memang agak sedikit aneh, tapi konon begitulah asal usul aku menurut kedua orang tua aku yang kini entah kemana mereka pergi."

"Kepergian mereka, membuat aku sangat tambah sombong dan selalu hidup boros!. Tapi walaupun begitu, aku sadar setelah 5 Tahun kebelakang aku punya Anjing yang sudah aku anggap Sahabat".

"Mantan, itulah nama Anjing yang aku temukan depan Got dekat gerbang rumahku. Dia Anjing yang sangat malang keadaannya, dia ngemis-ngemis minta beras kepadaku karena kelaparan ! dengan wajah memelas dan tubuhnya yang dilumuri dosa , akupun iba kepadanya. Hingga akhirnya aku membawanya untuk dirawat dan dibersihkan, serta dikasih makan."

"Setelah itu, dia tinggal bersama aku. Sekarang Mantan ku anggap sebagai sahabatku yang senantiasa membuat aku kagum padanya . Sebab, Mantan adalah Anjing yang sangat berbakat ! Dia bisa menyapu, mengepel, memasak dan bahkan menghemat, seperti halnya Mantan masak telur di atas Setrika."



"Dengan sifatnya yang luar biasa itu, sekarang hari-hari ku sangat merasa penuh kebahagiaan . Akan tetapi kebahagian itu hanya bertahan 4 tahun saja !."

"Dia sekarang mulai berbeda sifatnya setelah kenal sama "Gebetan" , ialah nama Anjing peliharaan tetangga aku. Mantan sekarang suka banyak gaya dan banyak main , dari pagi s/d sore dia selalu tidak ada di rumah ! Hingga buat hari-hari aku sepi lagi."

-3 Bulan Kemudian-

"Beberapa bulan kemudian, sifat dan tingkah laku Mantan semakin keterlaluan , dia sekarang suka keluyuran malam-malam ! Bahkan jarang pulang ."

"Sifat seperti itulah yang membuat aku penasaran apa yang Mantan lakukan di luar sana. Hingga pada akhirnya, aku mendapatkan waktu luang dari rutinitas pekerjaanku untuk mencari tahu apa yang dilakukan mantan."

"Dan hari itu tepatnya malam minggu, Mantan pergi dari rumah dengan memakai Jas dengan dasi yang begitu rapih, dan entah mau kemana . Lalu karena penasaran aku mengikutinya secara diam-diam, hingga pada akhirnya Mantan berhenti di suatu tempat yang kebetulan tempat itu adalah rumah tetangga aku yang dihuni juga "Gebetan" yakni Anjing yang kini pacarnya Mantan."



"Di saat itulah aku merasa kaget dan menepuk jidat ! Bukan karena hubungan mereka yang sudah pacaran, akan tetapi aku melihat Gebetan yang keadaannya sedang Hamil, dan aku langsung berpikiran kalau Gebetan hamil oleh perbuatan Mantan!."

"Merekapun tak diam di tempat itu, mereka berjalan menuju ujung komplek perumahan yang agak gelap. "Ehhm.. Ngapain mereka kesana? Ehmm mungkin mereka mau melakukan itu", pikir aku yang ngeres karena mereka menuju tempat gelap ! Dan setelah sampainya di tempat , mereka bertemu dengan seekor Anjing yang cukup Kekar badannya, dan Anjing itu memberikan sesuatu kepada Mantan, dan Mantan pun memberikan Uang yang begitu banyak pada Anjing tersebut!."

"Lalu dengan penasaran, akhirnya aku keluar dari balik pohon tempat persembunyianku dan menghampiri mereka ! Tapi mereka malah ketakutan melihat aku, dan merekapun lari hingga menjatuhkan benda yang dikasih Anjing kekar tadi kepada Mantan."

"Tapi aku tidak mengejar mereka, aku hanya mengambil benda tadi . Dan setelah ku tahu benda itu, aku kaget setengah hidup ! Benda itu adalah Narkoba . "Gila si Mantan pecandu Narkoba" ucap aku yang marah..!."

"Akupun segera menelpon Polisi, untuk segera melaporkan kejahatan Sahabat aku sendiri. Dan begitu setelah kejadian itu, Mantan tidak berani pulang ke rumah."

"5 hari kemudian, akhirnya aku mendapatkan kabar dari Tim Kepolisian, dan memberitahukan bahwa Mantan, Gebetan serta Salah satu temannya pengedar Narkoba itu sudah ditangkap,! Dan Tim Kepolisian pun sudah menahan mereka dan segera akan mengadakan sidang atas tindakan Peredaran serta pembelian Narkotika. Dan pak Polisi juga memberitahu aku bahwa mereka akan mendapat ancaman hukuman 499 tahun 5 bulan 2 hari 1 jam 2 menit 58 detik Penjara."

-TAMAT-






Jika suka dengan cerpen ini, silahkan share dan komentar. Salam Karya !